Skip to main content

Prinsip sederhana mendapat penghasilan pasif

Apa itu penghasilan pasif? Penghasilan pasif adalah pendapatan yang bisa Anda nikmati tanpa Anda harus bekerja susah payah. Contoh penghasilan pasif itu seperti jika Anda membeli saham sebuah perusahaan yang terus menerus menguntungkan, sehingga usaha Anda hanyalah pembelian saham di awal kali lalu Anda hanya tinggal menunggu keuntungannya saja. Keuntungan yang Anda dapat disebut penghasilan pasif.


Nah, apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan pasif? Caranya banyak sekali bersebaran di internet dan tinggal Anda pilih sendiri yang cocok dengan pribadi Anda.

Di artikel ini saya ingin menjelaskan satu prinsip sederhana untuk mendapatkan penghasilan pasif. Meski sederhana tapi prinsip ini penting dan tidak mungkin kita mendapatkan penghasilan pasif tanpa berpegangan dengan prinsip ini.

Prinsipnya, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan pasif, Anda perlu "bayar di muka", yang artinya investasi di muka.

Nah, investasi itu ada dua, ada investasi uang, ada investasi keringat. Contoh tentang saham di atas, adalah investasi uang; Anda harus membayar untuk mendapatkan saham, artinya Anda harus punya uang untuk membayar sesuatu yang bakal menghasilkan penghasilan pasif.

Namun tidak hanya uang, ada investasi kedua yaitu investasi keringat. Investasi keringat adalah, jika Anda tidak memiliki uang untuk membeli aset yang bisa menghasilkan penghasilan pasif, Anda harus bekerja untuk mendapatkannya hingga air keringat Anda bertetesan. Contohnya, meluangkan waktu dan usaha untuk menulis buku. Setelah menulis buku Anda tinggal menjualnya dan menikmati hasil penjualan. Hasil penjualan tersebut adalah penghasilan pasif.

Perlu diingat bahwa semua penghasilan pasif tidak mungkin diawali dengan investasi ini (kecuali jika berupa pemberian atau warisan). Ingin punya penghasilan pasif? Bayar, kalau gak punya uang, kerja!

Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Ke stasiun Pasar Senen dari arah Bogor dan Depok dengan KRL

Berbagi pengalaman. Saya pernah menaiki KRL menuju Pasar Senen dari arah Depok/Bogor. Mulanya saya pikir KRL yang saya naiki bakal berhenti di stasiun Senen, eh ternyata tidak.



Jadi begini, kalau dari arah Pasar Senen/Bogor naik KRL, kalau kita naik KRL tujuan Jatinegara, nanti kereta kita saat lewat Pasar Senen gak akan berhenti di stasiun itu. Kalau mau ke Senen dengan cara itu, turun stasiun berikutnya, yaitu Gang Sentiong, lalu naik KRL yang melawan arah (balik arah). Saat balik arah, KRL nantinya bakal berhenti di Pasar Senen.

Ternyata cara di atas juga kurang enak, karena keretanya muter terlalu jauh untuk sampai Pasar Senen. Ada cara kedua, yaitu turun di stasiun transit Manggarai, setelah itu naik kereta ke arah Bekasi dan turun di Jatinegara, dari Jatinegara transit naik yang ke arah Bogor/Depok dan nantinya bakal berhenti di Pasar Senen setelah beberapa stasiun dari Jatinegara.

Ada cara ketiga yang gak perlu transit-transit, dari arah Bogor/Depok kita bisa naik KRL tujuan Ja…

Cara Sederhana Cari Uang Lewat Internet

Sering dengar kasak-kusuk tentang mencari uang lewat internet? Begini caranya…


1. Macam-macam cara cari uang online Sebenarnya bukan hal yang ajaib kalau memang ternyata internet bisa menghasilkan uang. Karena ternyata memang masuk akal. Apa sih internet itu? Bagi saya, internet adalah sebuah sarana komunikasi yang paling sip untuk kita gunakan di era ini. Bayangkan, dari pada Anda kirim sms dan pulsa Anda berkurang, mendingan kirim teks bahkan gambar atau video via aplikasi-aplikasi messaging seperti WhatsApp dan lain sebagainya bukan? Itu salah satu contoh saja. Ya, internet adalah sarana komunikasi yang paling oke karena keberadaan internet telah menggantikan cara-cara komunikasi kita sebelumnya yang bisa dianggap kuno.

Kutipan-kutipan inspiratif investasi

Perlu inspirasi? Simak kutipan-kutipan bijak di bawah ini untuk investasi Anda:

"Investasi dalam pengetahuan menuaikan keuntungan terbaik." - Benjamin Franklin

"Kami lebih berusaha berhati-hati saat yang laing rakus dan rakus saat yang lain terlalu berhati-hati." - Warren Buffett

"Memahami bagaimana menjadi investor yang baik membuat Anda mampu menjadi manajer bisnis yang baik." - Charlie Munger