Monday, June 20, 2016

6 kiat mengamankan informasi penting digital Anda


Sekarang informasi data diri kita tidak hanya kita simpan di dokumen kertas, tapi juga di dalam memori perangkat digital kita, baik yang ada di tangan kita maupun di server lain.

Kalau kita tidak menjaga keamanan informasi-informasi itu, bisa-bisa dicuri dan akhirnya pencuri bisa mengakses informasi-informasi penting lainnya berdasarkan informasi yang sudah didapat.

Berikut ini ada 6 kiat untuk mengamankan informasi-informasi penting digital Anda:


1. Jangan pernah sharing informasi sensitif di sosmed

Kadang ada aja yang lugu banget, apapun yang ada di pikirannya dishare sehingga tidak ada yang tersisa dari identitasnya. Padahal lebih baik kita low profile di internet dari pada buka-bukaan dan terancam bahaya nantinya.

2. Gunakan password yang kompleks

Jangan pernah menggunakan tanggal lahir atau nama ibu dan kata-kata lain yang mudah ditebak sebagai password. Kalau bisa gunakan password generator yang memberikan password acak kepada Anda.

3. Matikan bluetooth dan wifi jika tidak dipakai

Kalau wifi dan bluetooth Anda terus-terusan nyala, artinya sama saja Anda membuka pintu rumah Anda terus-terusan padahal Anda tidak di rumah. Karena bisa saja orang mengakses perangkat Anda tanpa Anda ketahui.

4. Pastikan factory reset sebelum menjual perangkat digital

Menghapus file dari perangkat digital tidak benar-benar menghapusnya dari memori. Karena masih bisa direcovery. Kalau Anda berniat menjual perangkat digital Anda, pastikan Anda telah lakukan factory reset supaya data-data pribadi Anda benar-benar terhapus dan tidak jauth ke tangan orang lain.

5. Gunakan cloud backup

Memang disarankan mem-backup data-data Anda secara berkala. Tapi kalau Anda backup ke hard disk fisik yang ada di laci Anda, bagaimana jika hard disk itu dicuri? Lebih canggih lagi backup ke drive-drive awan atau cloud drive seperti Google Drive, DropBox dan lain sebagainya.

6. Pastikan Anda melihat "https" di address bar

Lalu lintas data yang aman saat ini adalah melalui protokol "https". Jadi kalau Anda sedang menginput data-data penting, pastikan anda melihat "https" di address bar browser Anda.

No comments:

Post a Comment

Situs terjemahan kitab Shahih Bukhari dan Muslim

Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim bagi orang Muslim adalah kitab paling terpercaya setelah Al-Quran. Dua Shahih Bukhari dan Muslim ad...