Saturday, June 18, 2016

10 kebiasaan cerdas di dunia teknologi & internet


Jaman sekarang jamannya teknologi. Kalau Anda masih gaptek, sayang banget, Anda bener-bener ketinggalan.

Jangankan orang gaptek, orang yang melek teknologi pun, kalau masih belum punya 10 kebiasaan ini masih belum bisa dibilang orang cerdas.

Berikut ini adalah 10 kebiasaan cerdas di dunia teknologi & internet yang perlu kita miliki:

1. Selalu cek privasi di media sosial

Media-media sosial memang menarik sekali. Hampir semua orang yang demam internetan makai media sosial seperti Facebook dan sejenisnya. Tapi Anda harus sadar, bahwa privasi Anda di Internet lebih penting daripada kesenangan ber-sosmed. Rajin-rajin cek setingan privasi Anda di media-media sosial.

2. Jangan sampai terlalu bayar mahal belanja online

Dengan kemudahan yang diberikan internet, para netters demen belanja online. Tapi netter yang cerdas gak mungkin belanja online asal-asalan. Dalam membayar produk atau jasa apapun di internet, pastikan Anda tidak bayar terlalu mahal untuk apa yang Anda dapat. Rajin-rajin lakukan perbandingan dan survey sebelum belanja online.

3. Bersihkan desktop dan hard disk dari sampah

Anda sering kan lihat desktop temen atau saudara, juga hard disk komputer atau laptop yang penuh dengan file-file berantakan gak jelas? Kalau ternyata desktop dan drive-drive komputer anda juga begitu, sudah saatnya mensortir file-file yang perlu dan tidak perlu. Hapus file-file sampah yang menumpuk, kategorikan file-file sesuai kebutuhan dan seterusnya.

4. Jangan kena virus dan jangan tulari orang lain

Jaman gini kalau komputer Anda masih aja ngesot-ngesot karena digandolin virus, wah payah banget. Sekian banyak anti virus gratis bisa didapat di internet, apa salahnya kita coba salah satu yang terbaik? Jangan biarkan virus-virus komputer berkembang biak di komputer Anda, apa lagi kalau sampai nularin komputer-komputer lainnya.

5. Pastikan aman saat memakai WiFi publik

Kadang kita gak perlu mikir saat ada wifi gratis kita langsung saja pakai. Padahal, kalau ada pihak yang kurang ajar, mereka bisa saja mencuri lalu lintas data dan informasi kita melalui koneksi publik tersebut. Untuk berjaga-jaga, kita bisa gunakan aplikasi-aplikasi proxy seperti HotSpot Shield atau sejenisnya.

6. Harus melek mana yang scam dan mana yang bukan

Banyak sekali kejahatan-kejahatan internet yang mengancam siapapun yang masih awam. Jangan mudah tertipu dengan tawaran-tawaran bodong di internet, scam, hoax dan penipuan-penipuan lainnya.

7. Tau cara maintenance perangkat-perangkat komputer dan smartphone

Jangan cuma bisa make aja, Anda harus tahu bagaimana menjaga performa perangkat-perangkat Anda. Misalnya, jangan penuhi smartphone dengan sembarang aplikasi yang akhirnya bikin lemot.

8. Bikin password yang tidak mudah ditebak

Masih ada aja orang yang suka menjadikan tahun atau tanggal lahirnya sebagai password, atau nomor hape.

9. Backup komputer dan smartphone secara berkala

Kita gak tahu bakal ada kejadian apa nanti. Siapa tahu hape kita dicuri, atau komputer kita hangus, dll. Untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu, kita musti bikin jadwal teratur untuk backup, alias mengcopy data-data penting di perangkat-perangkat kita ke hard disk cadangan. Jika ada kejadian yang tak diinginkan, kita masih punya data cadangan tersebut.

10. Yang terakhir, tahu cara efektif menggunakan mesin pencarian

Hampir semua orang mencari apa yang dibutuhkan di dunia online dengan mengawalinya dari mesin pencari, seperti Google. Kalau masih awam kadang lucu, misalnya ngetik "sebutkan nama penemu benua amerika", yang padahal cukup kita masukkan kata "penemu benua amerika" di Google.

No comments:

Post a Comment

Situs terjemahan kitab Shahih Bukhari dan Muslim

Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim bagi orang Muslim adalah kitab paling terpercaya setelah Al-Quran. Dua Shahih Bukhari dan Muslim ad...