Saturday, June 18, 2016

Cara cerdas hemat kuota internet hape


Biaya pemakaian internet selular memang mahal kalau dibanding tagihan internet rumahan. Tapi jangan kuatir, ada banyak cara menghemat pemakaian internet selular Anda.

Beberapa ini adalah tips-tips untuk menghemat pemakaian paket data internet selular:

1. Monitor pemakaian

Supaya Anda tahu seberapa besar pemakaian Anda, Anda perlu memantau sejauh mana kau menghabiskan kuota internet. Untuk pengguna Android, gampang, tinggal pergi ke Setting -> Data Usage. Di situ Anda bisa melihat seberapa penggunaan kuota internet Anda. Untuk pengguna iOS, pergi ke Settings -> General -> Usage ->Cellular Usage.


2. Non-aktifkan fitur Push Content

Fitur Push Content membuat smartphone Anda aktif terus mengupdate informasi-informasi online akun-akun yang Anda punya. Kelihatannya hape tidak bekerja, tapi di background dia selalu mengupdate informasi, sehingga selain menyedot kuota internet, dia juga menguras baterai. Jadi non-aktifkan saja, kalau pun memang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Jangan kebanyakan putar video online

Siapa sih yang gak suka muter video YouTube? Memang asik, tapi kalau lagi gak pake WiFi gak usah dong. Untuk menghemat kuota Anda musti rela gak nonton video online.

Kalau memang Anda suka sekali dengan video-video dan musik, kenapa enggak download aja semuanya yang Anda suka, lalu simpan di hape dan putar secara offline?

4. Gak perlu pakai LTE

Memang asik internet hape cepet dengan LTE. Tapi kalau mau lebih irit, mending pakai 3G aja. Disable LTE.

5. Jangan load gambar

Untuk beberapa web browser ada setting untuk tidak load gambar saat browsing. Dengan cara ini Anda bisa super hemat makai internet selular.

6. Aktifkan fitur Data Saver pada Chrome

Jika Anda menggunakan Google Chrome pada smartphone Android Anda , pergi ke Settings -> Advanced -> Data Saver -> On.

7. Gunakan fitur Data Savings pada Opera

Kalau Anda penggemar browser Opera, pergi ke Settings -> Data Savings -> centang Enabled. Di situ Anda juga bisa mengatur kualitas gambar untuk di-compress oleh server Opera.

8. Lupakan app Facebook

App Facebook yang sering Anda pakai di smartphone Anda ternyata selain menguras baterai juga menyedot kuota internet. Mending akses Facebook melalui web browser biasa saja.

9. Cintai app-app offline

Banyak app-app menarik yang bersifat offline. Tak hanya terhibur dengan app-app offline, Anda juga bisa hemat kuota.

Misalnya app peta (map), mending kita punya offline map dari pada harus online buka-buka peta sampai kehabisan kuota.

10. Aktifkan fitur Restrict Background Data

Di setting Android Anda, buka Data Usage -> tap More (titik tiga) -> Restrict Background Data. Fitur ini akan mencegah app-app Android memakai kuota internet Anda secara tak terlihat.

11. Jangan aktifkan Auto Update Apps

Untuk menon-aktifkan Auto Update Apps di telfon pintar Android, pergi ke Settings -> General -> Auto-Update Apps, lalu pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Oke, Anda punya tips juga untuk menghemat kuota internet hape? Bagi-bagi dong tips nya, tinggalkan komentar ya...

No comments:

Post a Comment

Situs terjemahan kitab Shahih Bukhari dan Muslim

Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim bagi orang Muslim adalah kitab paling terpercaya setelah Al-Quran. Dua Shahih Bukhari dan Muslim ad...