Minggu, 19 Juni 2016

10 cara sederhana tetap sehat kerja di kantor


Kerja di kantor yang melibatkan sedikit gerakan fisik bisa mengancam kesehatan Anda. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kebiasaan Anda dalam bekerja dan merubahnya sesuai dengan anjuran-anjuran di bawah ini:

1. Sarapan serius

Banyak yang beralasan tidak sempat sarapan, jadi hanya sarapan cake atau makanan-makanan junk food yang tak hanya berguna buat kebutuhan tubuh bahkan membahayakan. Sarapan yang sehat sangat Anda dibutuhkan untuk beraktifitas sampai makan siang nanti.

2. Pastikan makan siang Anda sehat

Jangan sembarangan makan di warteg untuk makan siang, kecuali Anda sudah pastikan kebersihannya. Bagaimana kalau di sore hari saat pekerjaan menumpuk Anda tiba-tiba tidak bisa bekerja karena keracunan makanan? Mungkin lebih aman jika Anda membawa makan siang Anda sendiri dari rumah.

3. Pastikan Anda minum air 8 gelas sehari

Memang minum air putih tidak seenak minuman-minuman lainnya. Tapi justru di situlah rahasia kesehatan Anda. Anda butuh mengkonsumsi air paling tidak 8 gelas sehari. Jangan beralasan apapun untuk tidak menjalankan saran ini kalau Anda mencintai kesehatan diri Anda.

4. Jangan konsumsi soda

Minuman-minuman bersoda tidak bermanfaat untuk kesehatan Anda. Hanya asik di lidah saja. Kalau ingin minuman lain, coba kopi (tapi jangan terlalu gila kopi) atau teh hijau.

5. Jangan konsumsi snack dan makanan bergula tinggi

Ingat gula adalah musuh kesehatan Anda. Jangan sampai kadar gula menumpuk di tubuh karena Anda kebiasaan mengkonsumsi makanan-makanan tak sehat berkadar gula tinggi.

6. Usahakan sering gerak

Pilih tangga dari pada elevator dan lift. Sempatkan berjalan beberapa saat sekali di kantor Anda. Selain untuk refreshing, hal itu juga menyehatkan mata Anda.

7. Paling tidak sering berdiri

Berdiri lebih baik dari pada duduk. Berdiri membakar lebih banyak kalori. Selain itu berdiri juga baik untuk punggung Anda.

8. Manfaatkan waktu-waktu luang di luar kantor

Sepulang kerja atau hari libur, pastikan Anda memanfaatkan waktu untuk bersahabat dengan alam. Berolah raga menikmati keindahan alam selain bermanfaat untuk tubuh Anda juga baik untuk kejiwaan Anda.

9. Jangan begadang

Begadang membuat Anda bangun tidur malas dan tidak segar untuk memulai aktifitas di keesokan hari. Ingat bahwa tubuh Anda butuh istirahat.

10. Tempel kata-kata inspiratif di sekitar lingkungan kerja

Tips yang satu ini sebenarnya lebih bermanfaat untuk kejiwaan Anda. Tapi tidak ada yang menginkari bahwa kesehatan batin dan fisik saling berkaitan. Anda perlu motivasi untuk terus semangat beraktifitas.

Semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar