Sunday, June 19, 2016

Bagaimana bertransaksi aman di internet?


Kalau masih awam dengan internet, bertransaksi online memang riskan. Banyak modus penipuan di internet yang menjadikan Anda sebagai sasaran.

Coba simak tips-tips penting transaksi aman di internet berikut ini:

1. Hati-hati phishing

Penipuan yang satu ini meskipun sudah jarang, tapi tetap perlu diwaspadai. Apa sih phishing itu? Phising itu upaya menipu nasabah bank dengan cara meminta login di halaman yang dimiliki oleh pihak tak bertanggung jawab. Mangsa phishing di halaman itu nantinya memasukkan user name dan password, yang akhirnya jatuh ke tangan penjahat.


Cara menghindar bahaya phishing yang paling simpel adalah perhatikan address bar di browser Anda. Pastikan alamat linknya asli. Coba lihat gambar di bawah ini:



Alamat asli Klik Bca adalah apa yang Anda lihat di atas, https://ibank.klikbca.com/ , jadi hati-hati kalau Anda melihat alamatnya bukan seperti itu, misalnya https://ibanking.klikbca.com/ atau https://ibank.kliksbca.com/ karena bisa jadi itu halaman palsu.

2. Awas virus dan malware

Bersihkan komputer atau laptop Anda dari segala macam virus dan malware sepert trojan dan lain sebagainya. Karena virus-virus seperti itu salah satu kerjaannya adalah mencuri data-data Anda, termasuk data login seperti username, password, nomor-nomor rekening, kartu kredit dll.

Malware-malware sering ditemukan pada software-software bajakan. Jadi hati-hati jangan senang dulu saat dapetin software bajakan dari internet, karena bisa jadi sama pembajaknya sudah disuntik kode-kode jahat yang tidak bisa kita lihat. Kelihatannya aman-aman saja, tapi di balik layar software itu mengkoleksi informasi-informasi sensitif Anda.

3. Waspadai Key Logger

Key Logger adalah sebuah sistem yang diciptakan hacker-hacker jahat untuk merekam ketikan-ketikan keyboard Anda. Kalau komputer atau laptop Anda telah terjangkiti penyakit ini, saat Andalogin sistem itu bakal mencuri kata-kata yang Anda ketik di halaman login dan dikirimkan ke pembuatnya. Dengan demikian user name dan password Anda tercuri begitu saja.

Untuk menghindari bahaya ini, gunakan keyboard virtual yang biasanya disediakan oleh halaman-halaman login yang aman. Keyboard virtual itu berupa keyboard yang ada di layar monitor dan cara mengetiknya adalah mengklik huruf-huruf di keyboard tersebut. Dengan cara itu Key Logger tidak bisa mencuri.

4. Jangan pernah berbagi informasi sensitif

Pokoknya jangan pernah berbagi informasi-informasi rahasia Anda di dunia internet, karena bisa dimanfaatkan oleh para penjahat untuk mencuri identitas Anda.

5. Gunakan proteksi saat menggunakan WiFi umum

Saat berselancar di internet dengan menggunakan wifi umum, ada kemungkinannya traffic data Anda dicuri oleh pihak ketiga yang tak bertanggung jawab. Gunakan software-software seperti HotSpot Shield untuk berselancar secara anonimus dan aman.

6. Tengok-tengok belakang dulu

Yang ini sederhana tapi bukan berarti kita bisa mengabaikannya. Saat login pastikan di belakang pundak tidak ada yang mengintip apa yang Anda ketik. Misalnya saat di bus atau krl, usahakan jangan ada orang lain yang melihat apa yang Anda ketik di layar hape.

Jangan khawatir...

Tapi gak usah terlalu khawatir sih, karena sekarang bank-bank kita sudah canggih dan berusaha lebih canggih dari para hacker, hehehe. Mereka melengkapi kita dengan fasilitas key token agar transaksi online kita lebih aman.

No comments:

Post a Comment

Situs terjemahan kitab Shahih Bukhari dan Muslim

Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim bagi orang Muslim adalah kitab paling terpercaya setelah Al-Quran. Dua Shahih Bukhari dan Muslim ad...