Skip to main content

Cara Sederhana Cari Uang Lewat Internet

Sering dengar kasak-kusuk tentang mencari uang lewat internet? Begini caranya…


1. Macam-macam cara cari uang online
Sebenarnya bukan hal yang ajaib kalau memang ternyata internet bisa menghasilkan uang. Karena ternyata memang masuk akal. Apa sih internet itu? Bagi saya, internet adalah sebuah sarana komunikasi yang paling sip untuk kita gunakan di era ini. Bayangkan, dari pada Anda kirim sms dan pulsa Anda berkurang, mendingan kirim teks bahkan gambar atau video via aplikasi-aplikasi messaging seperti WhatsApp dan lain sebagainya bukan? Itu salah satu contoh saja. Ya, internet adalah sarana komunikasi yang paling oke karena keberadaan internet telah menggantikan cara-cara komunikasi kita sebelumnya yang bisa dianggap kuno.

Mari berbicara tentang komunikasi, yang bagi saya erat sekali kaitannya dengan bisnis (cari uang). Di sini akan saya berikan contoh lagi dan juga melakukan perbandingan-perbandingan, lalu Anda sendiri yang menilai betapa pentingnya internet.

Coba bandingkan, dulu saat ingin melamar kerja, betapa ribetnya harus kirim cv dan surat lamaran kerja via pos dan menunggu jawabannya. Kini cukup kita mengirimkannya via email, berkat internet.
Bandingkan dulu kita harus telfon dan kirim teks sms yang cukup memakan pulsa, kini kita bisa kirim apapun gratis via aplikasi-aplikasi messaging berkat koneksi internet.

Dulu saat kita punya barang bekas yang ingin kita jual hanya terbatas teman dan tetangga saja yang dapat kita tawari barang itu, kini kita bisa upload foto-foto barang bekas kita ke listing-listing online sehingga siapapun yang membutuhkannya bisa menghubungi untuk membelinya. Ini juga berkat internet.

Sebelumnya kita bahagia sekali saat ada televisi di rumah dan bisa menikmati tontonan kesukaan kita, kini kita tinggal pilih tontonan apa aja di internet, misalnya di YouTube.

Dulu kita harus baca koran, dengerin radio atau nyalain televisi untuk baca berita, sekarang tinggal buka web-web berita langsung kita updated begitu saja.
Internet telah mengubah banyak hal, termasuk mengubah cara kita berbisnis dan mencari uang.

Banyak orang yang sudah mendapatkan penghasilan mereka melalui internet. Karena Anda membaca tulisan ini, pastinya Anda juga ingin seperti mereka bukan? Ya, tenang saja, saya akan berbagi bagaimana caranya kita bisa mencari uang lewat internet.

Sebelum melangkah lebih jauh, saya ingin menegaskan dari awal, bahwa jangan Anda anggap mencari uang lewat internet itu seperti seperti sulap. Jangan dikira kita tidak perlu melakukan jerih payah apapun lalu uang akan mengucur dari internet untuk kita begitu saja. Tidak. Ingat, sebagaimana yang saya katakan di atas, internet adalah sarana, tidak lebih. Apa artinya? Artinya, internet akan membantu Anda mendapatkan uang lebih cepat dan lebih banyak ketimbang cara-cara Anda mencari uang sebelumnya. Ya itu saja. Jadi mendapatkan uang dari internet itu bukan menjadi kaya mendadak, semuanya ada langkahnya, ada prosesnya, saat waktunya tiba Anda akan mendapatkan hasilnya.

Berikut ini adalah macam-macam cara cari uang lewat internet yang akan saya bahas dalam tulisan ini:
  • Menjual produk secara online
  • Bekerja online sebagai freelance
  • Mencari penghasilan dari iklan Google

Tiga hal di atas itu saja yang akan saya bahas dalam tulisan ini. Sebenarnya banyak sekali cara lainnya, seperti jual beli saham, jual beli valas, afiliasi pemasaran dan lain sebagainya, tapi saya tidak ingin membahasnya dalam tulisan ini.

Cara pertama di atas, cocok untuk Anda yang memiliki produk untuk dijual, baik produk Anda berupa barang ataupun jasa. Cara kedua, untuk Anda yang hobi bekerja dan menjual jasa Anda untuk mendapatkan keuntungan dari keahlian Anda. Sedangkan cara ketiga, sangat cocok untuk Anda yang punya hobi apa saja dan Anda bersedia berbagi di dunia maya melalui tulisan atau media lainnya.

Saat banyak yang mengunjungi Anda di dunia maya, dengan menampilkan iklan dari Google, Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan raksasa itu untuk Anda kantongi.

Ketiga cara ini akan saya bahas di bawah ini:

1.1. Menjual produk secara online
Siapa sih yang tidak tau apa itu berjualan? Sejak dari jaman purba, manusia selalu berdagang, menukar produk dan jasa dengan sesuatu yang dibutuhkannya, untuk kita di jaman ini, sesuatu itu uang. Kita menjual produk dan jasa demi mendapatkan uang sebagai gantinya, yang jika uang itu lebih tinggi nilainya dari nilai produk dan jasa yang kita berikan maka kita mendapatkan untung. Cukup jelas bukan?

Lalu kini hadir internet di tengah-tengah kita. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, internet telah membawa begitu banyak perubahan, termasuk perubahan dalam cara kita berjualan. Itulah mengapa Anda harus membaca tulisan ini jika Anda sama sekali belum tahu cara berjualan online, karena jika Anda tidak tahu, Anda akan jauh ketinggalan dari pesaing-pesaing Anda.

Saat berjualan biasa (bukan online), tentunya Anda sekuat tenaga melakukan apapun agar barang Anda terjual, seperti menawarkannya kepada teman, keluarga, atau siapapun itu, juga berusaha menampilkan produk Anda agar terlihat menarik, memberikan layanan pelanggan dan lain sebagainya. Nah dalam berjualan online semua yang Anda lakukan sebelumnya juga tetap harus Anda lakukan, hanya saja bedanya berkat Internet usaha Anda akan terasa lebih mudah.
Untuk kasus ini, internet sangat membantu Anda mencari uang online dengan cara berjualan jika Anda:


  • Membuat toko online dan menjual produk Anda sendiri
  • Menitipkan produk Anda pada toko atau direktori online lain

1.1.1 Membuat toko online sendiri
Apa itu toko? Yang dimaksud toko adalah suatu tempat yang di situ Anda meletakkan barang-barang dagangan Anda yang dapat dilihat dan dikunjungi oleh calon pembeli. Tempat, barang dan kunjungan pembeli adalah tiga unsur yang Anda perlukan untuk berjualan di toko. Jika kita berbicara tentang toko online, maka unsur-unsur tersebut berbau maya (serba online).

Di dunia maya atau internet, toko online Anda bisa berupa satu halaman web sederhana sekalipun yang berisi informasi apa yang Anda jual, harga dan lain sebagainya serta bagaimana cara pembeli menghubungi Anda. Ini artinya, Anda bisa membuka satu halaman blog secara gratis, atau membuat sebuah website dengan domain pilihan Anda lalu membuat toko online profesional, atau juga hanya sekedar berjualan melalui media-media sosial seperti Facebook dan lain sebagainya.

1.1.2 Menitipkan produk pada toko atau direktori online lain
Kalau Anda tidak mau repot dengan membuat toko online sendiri, bayak kok toko online lainnya yang menawarkan jasa listing produk. Dengan jasa yang mereka tawarkan, Anda bisa mengunggah informasi produk-produk Anda di toko online-toko online tersebut dan Anda tinggal menunggu calon pembeli yang menghubungi.

1.2. Menawarkan jasa dan bekerja online
Jika Anda adalah seorang pemilik keahlian dan lebih suka bekerja menjual jasa daripada berjualan, berkat internet Anda bisa kerja freelance.

Freelance atau kerja bebas cukup asyik bagi Anda yang memang berminat melakukannya. Tanpa perlu datang ke kantor dan bete dengan jalanan yang macet, Anda bisa kerjakan tugas Anda di manapun Anda suka.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berjualan online, Anda perlu menawarkan jasa Anda untuk bisa mendapatkan job order. Cara-cara yang harus ditempuh, yang paling sederhana adalah mendaftarkan diri di website-website penyedia jasa freelance jobs yang cukup banyak di internet. Cara lainnya adalah membuka blog atau website lalu mengenalkan jasa yang Anda tawarkan kepada para pengunjung.

1.3. Mencari penghasilan dari iklan Google
Anda tidak ingin berjualan, Anda juga tidak ingin bekerja freelance. Anda ingin duduk diam dan mendapatkan uang dari internet? Bisa! Tapi jangan salah, saya sudah ingatkan bahwa mencari penghasilan nyata lewat internet bukanlah sistem kaya mendadak, semua butuh proses.

Cara ketiga ini khusus untuk orang-orang kreatif dan orang yang punya hobi tertentu. Cara kerjanya seperti ini, Anda sebagai seorang kreatif bekerja untuk diri Anda sendiri dengan cara menciptakan konten di dunia maya. Konten itu bisa berupa apapun, seprti tulisan, gambar/foto, video dan lain sebagainya. Saat konten Anda mulai banyak dinikmati orang dan pecinta konten Anda semakin banyak, Anda bekerja sama dengan Google supaya perusahaan raksasa itu menempatkan iklan-iklannya di sela-sela konten yang Anda ciptakan di internet. Lalu, saat para pengunjung Anda menyaksikan iklan atau mengklik banner-banner iklan tersebut, Anda mendapatkan komisi.

Jika Anda menjalankan ritual ini (cara ini), nanti saat sudah saatnya Anda hanya tinggal duduk dan menikmati hasilnya, uang yang terus mengucur ke kantong Anda. Tapi itu nanti lho… di tahap-tahap awal Anda harus bekerja keras menciptakan konten yang bermutu tentunya.

Saya jadi teringat saat membuka YouTube, ada beberapa orang yang merekam bagaimana dia bermain game dan rekaman video tersebut disaksikan oleh jutaan orang. Menarik tidak? Orang itu tidak bekerja, tapi main game toh dapat uang. Bukan berarti saya meminta Anda untuk bermain game dan ditonton orang seperti itu. Maksud saya, jika Anda memiliki passion untuk melakukan hal yang Anda cintai, dan jika Anda kreatif, buatlah konten di dunia maya terkait dengan passion Anda tersebut, yang nantinya secara otomatis akan menghasilkan uang buat diri Anda. Menarik sekali!

2. Keberadaan Anda di internet
Sebagaimana Anda ada di dunia ini secara fisik, Anda perlu ada juga di dunia maya. Maksud saya, sudah seharusnya Anda, produk-produk Anda, jasa-jasa Anda dan karya-karya Anda dapat diraih oleh orang lain melalui koneksi internet. Caranya adalah untuk memiliki beberapa hal di bawah ini:

2.1. Akun email
Anda perlu akun email karena sudah tidak jamannya lagi kita mengirim surat lewat pos (kecuali dalam kondisi tertentu). Untuk menghubungi klien Anda, untuk mengirim katalog produk Anda kepada klien, dan untuk berbagai keperluan lainnya Anda harus punya email.

2.2. Media sosial
Media sosial membuat Anda dan produk-produk Anda cepat diketahui banyak orang. Saat Anda berbagi tentang sesuatu yang menarik di media sosial, orang lain yang menganggapnya menarik akan membagikan hal itu kepada teman-teman mereka dan begitu seterusnya.

2.3. Membuat blog
Anda memerlukan sebuah halaman online, minimal blog yang bisa Anda buat secara gratis. Saat Anda ingin mempromosikan produk Anda, tidak perlu lagi Anda langsung mengirimkan semua informasi produk-produk Anda, tinggal kirimkan satu baris link blog Anda, saat penerima pesan Anda membuka link tersebut mereka akan meliht sendiri apa yang Anda punya.

2.4. Membuat website
Jika blog membuat Anda merasa tidak profesional, misalnya untuk memiliki toko online Anda disarankan memiliki sebuah website dengan domain pilihan Anda sendiri. Banyak fitur yang tersedia bagi Anda jika Anda memiliki website, dibanding dengan blog.

2.5. Instant messaging
Sekarang sudah hampir semua orang memiliki akun WhatsApp, Telegram dan semisalnya. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi instant messaging seperti itu Anda dengan mudah dapat berkomunikasi dengan biaya tak seberapa.

2.6. Berusaha agar mudah dicari
Siapa yang tidak kenal dengan Google. Hampir semua orang yang merujuk ke internet dan mencari sesuatu mereka mencarinya melalui mesin pencari Google. Sudah tugas Anda untuk lebih akrab dengan si Google agar lebih banyak orang yang bisa menemukan Anda melalui mesin pencari ini.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ke stasiun Pasar Senen dari arah Bogor dan Depok dengan KRL

Berbagi pengalaman. Saya pernah menaiki KRL menuju Pasar Senen dari arah Depok/Bogor. Mulanya saya pikir KRL yang saya naiki bakal berhenti di stasiun Senen, eh ternyata tidak.



Jadi begini, kalau dari arah Pasar Senen/Bogor naik KRL, kalau kita naik KRL tujuan Jatinegara, nanti kereta kita saat lewat Pasar Senen gak akan berhenti di stasiun itu. Kalau mau ke Senen dengan cara itu, turun stasiun berikutnya, yaitu Gang Sentiong, lalu naik KRL yang melawan arah (balik arah). Saat balik arah, KRL nantinya bakal berhenti di Pasar Senen.

Ternyata cara di atas juga kurang enak, karena keretanya muter terlalu jauh untuk sampai Pasar Senen. Ada cara kedua, yaitu turun di stasiun transit Manggarai, setelah itu naik kereta ke arah Bekasi dan turun di Jatinegara, dari Jatinegara transit naik yang ke arah Bogor/Depok dan nantinya bakal berhenti di Pasar Senen setelah beberapa stasiun dari Jatinegara.

Ada cara ketiga yang gak perlu transit-transit, dari arah Bogor/Depok kita bisa naik KRL tujuan Ja…

Kutipan-kutipan inspiratif investasi

Perlu inspirasi? Simak kutipan-kutipan bijak di bawah ini untuk investasi Anda:

"Investasi dalam pengetahuan menuaikan keuntungan terbaik." - Benjamin Franklin

"Kami lebih berusaha berhati-hati saat yang laing rakus dan rakus saat yang lain terlalu berhati-hati." - Warren Buffett

"Memahami bagaimana menjadi investor yang baik membuat Anda mampu menjadi manajer bisnis yang baik." - Charlie Munger