Jumat, 01 Oktober 2021

Kipas CPU berdebu bisa jadi faktor komputer kamu melambat

 CPU adalah bagian paling vital komputer kamu. Tulisan ini akan menjelaskan pentingnya temperatur normal CPU bagi komputer yang kamu gunakan untuk bekerja. Pasalnya, kalau temperatur CPU kamu tinggi, kinerja CPU akan menurun dan komputer kamu terasa lambat sekali. Nah, salah satu penyebab tingginya temperatur CPU adalah fan/kipas CPU yang kotor berdebu.

Di tulisan ini saya bercerita tentang pengalaman saya dalam membersihkan fan/kipas CPU. Jadi ceritanya begini...

Akhir-akhir ini komputer saya terasa lambat sekali. Saya curiga ini pasti temperatur CPU saya tinggi dan komputer terasa ngadat-ngadat. Saya coba cek dengan software pengecek temperatur CPU, seperti CPUID HWMonitorPro, ternyata benar temperatur CPU saya 99 derajat celicus. Kamu tahu berapa temperatur CPU yang normal? Yang normal itu sekitar 50 derajat celcius. Nah, langsung deh saya matikan komputer.

Setelah saya buka, ternyata betul, begini penampakan fan/kipas CPU saya, ternyata kotor sekali:

Tidak pakai banyak pikir, fan saya lepas dari motherboard dan saya bersihkan. Terlihat heatsink CPU ini debunya tebal sekali.

Tebalnya debu ini menghadang angin kipas yang berfungsi mendinginkan CPU. Akhirnya CPU overheat. Kalau dibiarkan, lama-kelamaan CPU akan mengalami kerusakan pastinya.

Untuk membersihkan heatsink CPU yang kotor, karena bahannya aluminium, saya siram saja dengan air kran sampai bersih, sambil disikat pakai sikat gigi bekas.

Adapun fan/kipas nya, karena merupakan komponen elektronik, saya bersihkan dengan lap basah.

Setelah semua bersih, tinggal dipasang lagi. Dan inilah dia, temperatur CPU saya yang mulanya sampai di atas 90 derajat celcius, kini sekitar tidak sampai 50 derajat celcius, alias normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar